Minggu, 13 Februari 2011

Pembangunan PLTU

Proyek pembangunan PLTU adalah proyek yang paling komplit dan kompleks dari Proyek pembangkit Listrik lainnya. Semua konsentrasi pada ilmu sipil ada di proyek PLTU ini, mulai dari ilmu Geodesi dan Ukur tanah, konsentrasi bangunan air (jetty, Circulating Water intake, discharge strom drainage dan outfall), konsentrasi bangunan transportasi ( Ridig Pavment untuk Access road PLTU) dan Konsentrasi bangunan gedung (Pondasi , struktur baja, struktur beton dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mungkin anda bertanya-tanya tentang apa saja yang harus dibangun di area PLTU tersebut sehingga proyek PLTU ini menjadi kompleks ?.secara prinsip sistem kerja PLTU itu sangat sederhana yaitu air dipanaskan hingga berubah menjadi uap yang sangat panas, uap tersebut digunakan untuk memutar turbin (energi mekanik) dan menggerakkan generator (energi listrik) sehihgga menjadi listrik yang kita pakai sekarang ini.

PLTU memiliki banyak siklus didalamnya, sehingga banyak juga bangunan yang akan dibangun untuk mendukung siklus tersebut, diantaranya adalah siklus air, siklus batu bara dan siklus gas. 


a. Sirkit air
Air sebagai fluida kerja diisikan ke boiler menggunakan pompa air pengisi Boiler Feed Pump (BFP) dengan melalui economiser dan ditampung didalam drum boiler.
Economiser adalah bagian dari boiler yang merupakan pemanas air terakhir sebelum masuk ke drum. Didalam economiser air menyerap panas gas buang yang keluar dari superheater sebelum dibuang ke atmosfir melalui cerobong.
Economizer tipe pipa bersirip (fin tubes)

Sirkit air diboiler adalah, air dari drum turun melalui pipa-pipa down comer ke header bawah (bottom header). Dari header bawah air didistribusikan ke pipa-pipa pemanas (riser) yang tersusun membentuk dinding ruang bakar boiler. Didalam riser air mengalami pemanasan sehingga mendidih dan naik ke drum kembali.
Pipa riser dan dinding ruang bakar boiler.

Peralatan yang dilalui dalam sirkit air adalah drum boiler, down comer, header bawah (bottom header), dan riser.
Sirkit air di Boiler

Perpindahan panas dari api/gas ke air didalam pipa-pipa boiler terjadi secara radiasi, konveksi dan konduksi. Akibat pemanasan selain temperatur naik hingga mendidih juga terjadi sirkulasi air secara alami dari drum turun melalui down comer ke header bawah dan naik kembali ke drum melalui pipa-pipa riser.
Adanya sirkulasi ini sangat diperlukan agar terjadi pendinginan terhadap pipa-pipa pemanas dan mempercepat proses perpindahan panas. Kecepatan sirkulasi akan berpengaruh terhadap produksi uap dan kenaikan tekanan serta temperaturnya.

Drum boiler berfungsi untuk menampung dan mengontrol kebutuhan air di boiler. Fungsi lain yang tidak kalah pentingnya adalah memisahkan uap dan air. Untuk mengontrol kebutuhan air boiler, maka level air di drum harus dijaga konstan pada level normalnya. Level ini dapat dilihat di kontrol room maupun di lokal. Kualitas air di boiler juga harus dipantau dengan mengambil sampelnya dari air didrum.

3 komentar:

  1. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
    Terjangkau
    Cost saving
    Solusi
    Penawaran spesial
    Hemat biaya Energi dan listrik
    Mengurangi mikroba & menghilangkan lumut


    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management
    OUR SERVICE
    1.
    Coagulan, nutrisi dan bakteri
    Flokulan
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Garment wash
    Eco Loundry
    Paper Chemical
    Textile Chemical
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Kaporit tablet,cair & serbuk

    2.
    Oli industri
    Oli Hydrolik (penggunaan untuk segala jenis Hydrolik)
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    3.
    Other Chemical
    RO Chemical
    Hand sanitizer
    Disinfectant
    Evaporator
    Oli Grease
    Karung
    Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
    Zinc oxide
    Thinner
    Macam 2 lem
    Alat-alat listrik
    Packaging
    Pallet
    CAT COLD GALVANIZE COMPOUND K 404 CG
    Almunium

    BalasHapus